Tekan Stunting, Lazismu dan Dinkes Sragen Edukasi Bumil

Salah satunya kolaborasi antara Lazismu  Sragen, PDNA Sragen, Takmir Masjid Baiturrahman, Klinik Aisyiyah dan Dinas Kesehatan Sragen bersama-sama menekan angka stunting di mulai dari memberikan edukasi kepada ibu hamil tepatnya di Masjid Baiturarrahman Banaran, Sambungmacan, Sragen Selasa (19/09/23). Acara dihadiri sekitar 47 ibu hamil dari Kecamatan Sambungmacan. Acara ini diharapkan bisa memberikan wawasan kepada ibu hamil akan pencegahan stunting yang dapat dilakukan sejak masa kehamilan. Seminar ” Pencegahan Stunting pada Masa Kehamilan” digelar serentak oleh Lazismu se Jawa Tengah.

Secara garis besar, itu terjadi karena gizi buruk yang dialami ibu dalam masa kehamilan sampai anak usia balita. Ini bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan kaum ibu mengenai kesehatan gizi. Juga karena masih terbatasnya layanan kesehatan bagi masyarakat sehingga masih ada ibu yang kurang tahu masalah gizi.

Tampil sebagai narasumber Ummaya Rufaida, S.Gz, Nutrisionis Ahli Pertama DKK Sragen sekaligus Bidang Dakwah PDNA Sragen. Ia memberikan edukasi mengenai pentingnya pemenuhan gizi selama 1000 hari kehidupan, yakni sejak  dalam kandungan hinga usia dua tahun. Masa-masa tersebut adalah masa – masa keemasan pertumbuhan anak.

“Stunting bisa dicegah. Kaum ibu sebagai garda terdepan untuk mengembangkan pengetahuan tentang gizi, minimal untuk diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Minimal kaum ibu harus mengerti pertumbuhan anak-anak,” tandas Ummaya. Karena dampak stunting sangat merugikan bagi perkembangan sumber daya manusia sebuah negara. Stunting juga bisa menghambat perkembangan ekonomi dan masalah lainnya.

Sosialisasi dirangkaikan dengan penyerahan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako dan Rendangmu dari Lazismu Sragen. Kolaborasi ini merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi dalam penurunan angka stunting di kota Sragen.

Sejalan dengan acara “Pencegahan Stunting pada Masa Kehamilan”, Lazismu Sragen juga menggelar SAY (Santunan Anak Yatim) setidaknya 100 paket  tas dan Rendangmu diserahkan kepada anak yatim maupun dhuafa di sekitar Kecamatan Sambungmacan.

 

Kamu juga bisa dukung Program Santunan Anak Yatim melalui link berikut ini :

https://lazismusragen.org/campaign/anakyatimdhuafa

 

Sobat, yuk jadi pejuang kebaikan bersama Lazismu Sragen !

Leave a Comment

Bagikan Kepada Teman

Facebook
WhatsApp
Twitter