Kerupuk Wirayudha, Perjuangan Sejak SMA

Kerupuk Wirayudha, merupakan produk milik Hidayatul, pemuda asal Gemolong Sragen, salah satu penerima manfaat Program UMKM Lazismu Sragen. Hidayatul memulai perjalanan wirausaha sejak 2016 saat duduk di kelas 2 Sekolah Menengah Atas (SMA). Meskipun masih belajar, dia telah menetapkan tujuan untuk tetap produktif setelah lulus, entah itu melanjutkan kuliah atau mencari pekerjaan. Usaha yang diembannya adalah Kerupuk Wirayudha.

Pemasaran Kerupuk Wirayudha dimulai dengan menitipkan produknya ke warung-warung di sekitar sekolah. Setelah lulus SMA, Hidayatul mulai meluaskan jangkauan pemasaran, bahkan menjangkau daerah yang lebih jauh. Selama kurang lebih 3 tahun terakhir, fokusnya beralih dari orderan mentah ke penggorengan partai. Untuk memasarkan produk matangnya, Hidayatul telah mendele-gasikan tanggung jawabnya kepada orang lain di pasar-pasar lokal.

Namun, perjalanan wirausaha Hidayatul tidak selalu mulus. Berbagai kendala menghampirinya, mulai dari cuaca yang tidak mendukung hingga ketiadaan oven untuk mengeringkan produknya. Tidak hanya itu, dia juga pernah menjadi korban penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, mengakibatkan kerugian senilai puluhan juta rupiah.

Namun, Hidayatul tidak hanya berfokus pada dunia wirausaha. Dia juga memiliki hobi menulis dan aktif sebagai pendamping bagi penyintas mental illness di daerah Bandung, Jawa Barat. Keterlibatannya dalam membantu orang-orang yang mengalami masalah mental menunjukkan bahwa Hidayatul tidak hanya sukses sebagai pengusaha muda, tetapi juga peduli terhadap kesejahteraan mental sesama.

Sobat, terimakasih banyak yang sudah support program Gerakan 1000 UMKM untuk Dhuafa Pejuang Nafkah. Yuk, terus lanjutin kebaikanmu dengan klik link di bawah ini :

https://lazismusragen.org/campaign/gerakan-1000-gerobak-umkm-untuk-dhuafa-pejuang-nafkah

Leave a Comment