Kampung Bandeng, Pengolah Sajian Bandeng ala Sragen

Bandeng memang selama ini dianggap sebagai ikan biasa. Namun di tangan orang-orang kreatif, ikan bandeng dapat bernilai jual tinggi. Kampung Bandeng, salah satu program dari Kampung Pecing, Sragen. Kelompok  warga di Kampung Pecing  mencoba mengolah bandeng sebagai olahan bergizi dan bernilai jual tinggi serta bertahan lama produknya.

Program Tahan Banting (Ketahanan Pangan Bandeng Taqwa Pecing) merupakan inisiasi  program pemberdayaan sosial untuk meningkatkan perekonomian  oleh Masjid Taqwa Pecing dan Lazismu Sragen melalui inovasi produk olahan bandeng. Warga Pecing terkhusus kaum ibu – ibu terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan yang digelar pada Sabtu, (23/09/23). Dalam kesempatan ini warga bersama terlibat langsung dalam membuat produk tersebut.

Program Tahan Banting bertujuan meningkatkan kesejahteraan warga Pecing melalui kegiatan pemberdayaan sosial dengan membentuk kelompok UMKM yang memproduksi olahan bandeng yang kebermanfaatannya diberikan untuk masjid dan jama’ah. Program ini diharapkan juga turut andil memberdayakan UMKM yang ada di kampung tersebut untuk ketahanan pangan. Melalui program tersebut, olahan bandeng dikembangkan menjadi sejumlah varian produk yang ditargetkan bisa melahirkan UMKM lainnya.

Pendampingan Kampung Bandeng sudah dilaksanakan sejak Agustus, mulai dari pembentukan kelompok usaha, pembagian kerja dan penyusunan program ke depan dan di targetkan akan selesai pada Desember 2023. Sementara September baru pelatihan pembuatan olahan produknya. Dalam proses pelatihan,  Masjid Taqwa Pecing menggandeng RM. Dapur Lely untuk memberikan pelatihan pembuatan produk olahan ikan yang memiliki nama milkfish ini. Beragam inovasi ditampilkan warga dari olahan ini berupa nugget dan kerupuk.

Mau bantu lebih banyak pelaku UMKM di Bumi Sukowati?

Kamu bisa bantu mereka dengan berdonasi melalui Lazismu Sragen agar semakin banyak pelaku UMKM yang berkembang dan berdaya.

https://lazismusragen.org/campaign/gerakan-1000-gerobak-umkm-untuk-dhuafa-pejuang-nafkah

 

Bagi #SobatDermawan yang ingin berkontribusi untuk membantu pelaku UMKM, bisa berdonasi melalui website Lazismu Sragen dengan cara:

  1. Klik Tombol DONASI SEKARANG
  2. Isi data diri dan jumlah Donasi Anda
  3. Pilih Cara Berdonasi
  4. Transfer ke Rekening Yang Tertera
  5. Share dan ajak Sobat lainnya untuk berdonasi

 

 

Leave a Comment

Bagikan Kepada Teman

Facebook
WhatsApp
Twitter